Blog ini dibuat karena dapet tugas dari guru gue sebagai realisasi pelajaran ICT. Di Blog ini akan gue isi dengan info-info menarik yg bisa menambah wawasan dan juga info seputar sekolah gue, SMAN Delta.

Kamis, 01 Desember 2011

Awal Perkembangan Internet di Indonesia


Jaringan internet yang dikenal di Indonesia pada awal tahun 1990-an lebih dikenal sebagai Paguyuban Network. Beberapa nama-nama legendaris diawal pembangunan internet Indonesia yaitu : RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Indrayanto.
Inspirasi tulisan-tulisan awal internet di Indonesia datangnya dari Kegiatan di Amatir Radio, khususnya rekan-rekan di Amatir Radio Club (ARC) ITB pada tahun 1986-an.
Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan internet di Indonesia dapat di temukan di beberapa artikel media cetak. Contohnya KOMPAS yang berjudul “Jaringan Komputer, Biaya Murah Menggunakan Radio” di akhir tahun 1990 atau awal 1991-an. Dan beberapa artikel pendek di majalah elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989-an.
Awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia terjadi pada tahun 1986-1987an. Robby YBIBG merupakan pionir dikalangan teman-teman Amatir Radio Indonesia karena Robby YBIBG yang mengkaitkan Jaringan Amatir Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringan e-mail score and foward yang mengkaitkan banyak “server” BBS Amatir Radio seluruh dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar